Call Me Fikar a.k.a Fickffy

Call Me Fikar a.k.a Fickffy

Friday, 25 November 2016

Dimana Kita Ingin Berada di Masa Mendatang (Manajemen Strageti Sektor Publik)


 
Pokok Pembahasan:
-    Prinsip-Prinsip (Principles)
-    Sasaran-Sasaran (Goals)
-    Tujuan-Tujuan (Objectives)

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi di atas, mahasiswa diharapkan mampu:
1)    Memahami Prinsip-Prinsip Organisasi Publik
2)    Memahami Sasaran-Sasaran Organisasi Publik
3)    Memahami Tujuan-Tujuan Organisasi Publik


Prinsip-prinsip merupakan faktor-faktor yang mengendalikan perjalanan dari suatu organisasi dan membimbing ke arah pengembangan dan implementasi dari semua kebijakan dan tindakan. Kebanyakan prinsip-prinsip suatu organisasi dikemukakan secara implisit (tidak tertuis) sehingga para anggota organisasi tersebut kurang paham dengan prinsip-prinsip ornganisasi, maka dari itu akan lebih baik jika prinsip-prinsip organisasi dikemukakan secara eksplisit (tertulis). Prinsip-prinsip sering dihubungkan dengan budaya manajemen kualitas yang mencakup: 1) Melaksanakan secara benar pertama kali, 2) Memuaskan pelanggan, 3) peingkatan terus-menerus.
Prinsip-prinsip dari suatu organisasi biasanya digunakan untuk:
-    Melayani kriteria  untuk pembuatan keputusan pada semua tingkat dari organisasi.
-    Mengubah kultur/budaya organisasi.
-    Memotivasi seluruh anggota organisasi.
Ada 3 hal yang digunakan dalam merumuskan pernyataan terbaik dari prinsip-prinsip yang berkaitan dengan sikap dan nilai organisasi, yakni 3P:
1)    Orang-Orang (People)
2)    Proses-Proses (Processes)
3)    Kinerja (Peformance)
Sasaran-sasaran merupakan hasil akhir yang diinginkan yang pada umumnya diakumulasikan setelah 3-5 tahun, sasaran memberikan suatu kerangka kerja untuk tingkat perencanaan yang lebih terperinci.
Ada beberapa kriteria yang digunakan dalam mengevaluasi sasaran, antara lain:
-    Sasaran harus selaras dengan visi, misi, dan prinsip-prinsip dari organisasi
-    Sasaran yang dicapai harus memenuhi atau berkontribusi terhadap pemenuhan misi dari organisasi dan program/subprogram.
-    Sasaran harus memperhatikan prioritas dan hasil-hasil dari penilaian internal/eksternal
-    Sasaraan harus bersifat tetap sampai terjadi perubahan dalam lingkungan di mana sasaran itu diciptakan.
-    Sasaran pada umumnya akan mencakup periode yang relatif panjang, contohnya 3 tahun atau 5 tahun.
Tujuan-tujuan merupakan target-target spesifik dan dapat diukur untuk pencapaian sasaran-sasaran, pernyataan tujuan bersifat spesifik dan dapat diukur dengan angka (kuantitatif) dan terkait dengn waktu pencapaian hasil-hasil yang diinginkan.
Tujuan yang baik harus megikuti kriteria SMART (Specific, Measurable, Aggressive but Attainable, Result-Oriented, and Time-Bound), dimana:
-    Specific (Spesifik), tujuan harus merefleksikan pencapaian spesifik yang diinginkan, bukan cara untuk mencapai tujuan.
-    Measurable (Dapat Diukur), tujuan harus dapat diukur untuk menentukan kapan tujuan itu telah dicapai.
-    Aggressive but Attainable (Agresif tetapi Dapat Dicapai), jika tujuan menjadi standar untuk pencapaian, tujuan itu seharusnya menantang namun masih memungkinkan untuk dicapai melalui usaha-usaha yang sistematik.

-    Result-Oriented (Berorientasi Hasil), tujuan harus menyatakan suatu hasil.
-    Time-Bound (Berbatas Waktu), menyatakan sutau periode waktu yang relatif pendek untuk mencapai tujuan, dari beberapa minggu sampai paling lama satu tahun.

No comments:

Post a Comment